JENIS IKAN LELE


Dalam Bahasa Latin dikenal dengan sebutan seperti Catfish, Siluroid, Mudfish atau Walking Catfish, sementara di beberapa Negara seperti di Afrika menyebutnya dengan nama Mali, di Thailand mengenalnya dengan nama Plamond, di Malaysia orang menyebutnya sebagai Ikan Keli, di Srilangka sebagai Ikan Guramagura, sementara masyarakat Jepang lebih mengenalnya dengan nama Catretrang.
Banyak jenis ikan lele di dunia dan banyak dibudidayakan khususnya di Indonesia, berikut jenis ikan lele yang banyak di budidayakan di Indonesia:
  • Jenis ikan lele Clarias Batrachus, jenis ikan lele ini dikenal oleh orang Jawa sebagai ikan lele, sementara orang Sumatera Barat menyebutnya dengan sebutan Ikan Kalang, Ikan Maut di Sumatera Utara & Masyarakat Kalimantan Selatan Menyebutnya dengan Ikan Pintet.
  • Jenis ikan lele Clarias Teysmani, yang dikenal di masyarakat Jawa Barat mengenalnya sebagai lele kembang sementara orang padang menyebutnya dengan Kalang Putih.
  • Jenis ikan lele Clarias Melanoderma disebut ikan duri oleh masyarakat Sumatera Selatan, Ikan Wais di Jawa Tengah & Ikan Wiru di Jawa Barat.
  • Jenis ikan lele Clarias Nieuhofi, di masyarakat pulau Jawa dikenal sebagai ikan Lindi, ikan Limbat di Sumatera Barat & ikan Kaleh di Kalimantan Selatan.
  • Jenis ikan lele Clarias Loiacanthus dikenal sebagai ikan Keli di Sumatera Barat & di Kalimantan Timur dikenal dengan nama ikan Penang.
  • Jenis ikan lele Clarias Gariepinus, di Indonesia dikenal dengan nama Lele Dumbo/King Cat Fish, Lele Dumbo adalah jenis lele yang di Import dari Afrika.
Habitat asli ikan lele adalah hidup di sungai yg memiliki arus pelan, di rawa-rawa, telaga, tambak, waduk & di daerah persawahan yang digenangi air. Pada malam hari Ikan lele sangat aktif bergerak untuk mencari makan sehingga ikan lele termasuk jenis ikan yang memiliki sifat noctural. Musim penghujan merupakan musim pemijahan untuk ikan lele.

Banyaknya petani tambak yang membudidayakan ikan lele di indonesia sehingga ikan lele termasuk ikan yang favorit dikonsumsi masyarakat indonesia. Dengan melimpahnya hasil tambak terutama ikan lele di indonesia banyak UKM di Indonesia yang memanfaatkan Ikan Lele sebagai bahan utama untuk dikembangkan menjadi olahan seperti : Abon Ikan Lele, Keripik Lele, Pepes Lele dll.




Artikel diatas bersumber dari :

Previous
Next Post »